Sabtu, 30 Juni 2012

BURUNG DAN JENIS-JENIS NYA

Burung

Burung adalah hewan yang mayoritas aktivitasnya adalah terbang diudara. Burung termasuk  dalam kelompok hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki bulu dan sayap.  Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari kecil mungil hingga yang bentuk nya besar yang tingginya melebihi manusia.  Berbagai jenis burung ini secara ilmiah digolongkan ke dalam kelas Aves.

Burung telah memberikan manfaat luar biasa dalam kehidupan manusia. Beberapa jenis burung, seperti ayam, kalkun, angsa dan bebek telah didomestikasi sejak lama dan merupakan sumber protein yang penting; daging maupun telurnya.

Burung hidup dan berkembangbiak pada sebagian besar habitat darat dan pada tujuh benua, hingga mencapai koloni ekstrim mereka pada koloni perkembangbiakan Petrel Salju hingga pada ketinggian 440 kilometer (270 mil) di pedalaman Antartika. Diversitas tertinggi burung terdapat di wilayah tropis. Ini juga sudah dipikirkan sebelumnya bahwa keragaman tertinggi burung adalah hasil dari tingkat spesiasi di daerah tropis, bagaimanapun studi terbaru menemukan spesiasi tingkat tertinggi di lintang tinggi yang diimbangi dengan tingkat kepunahan lebih besar daripada di daerah tropis.

Beberapa familia burung telah beradaptasi terhadap kehidupan baik di lautan dunia dan pada diri mereka, dengan beberapa spesies burung laut datang ke darat hanya untuk berkembangbiak dan beberapa penguin telah tercatat menyelam hingga kedalaman 300 m (980 kaki).

Banyak spesies burung yang telah membangun populasi perkembangbiakan di wilayah mereka yang diintroduksi oleh manusia. Beberapa introduksi memang disengaja; contohnya Puyuh Biasa, diintroduksi ke seluruh dunia sebagai burung buruan. Yang lain karena ketidaksengajaan, seperti pembentukan populasi Parkit Pendeta liar di beberapa kota di Amerika Utara setelah pelarian mereka dari penangkaran. Beberapa spesies, termasuk Kuntul Kerbau, Karakara Kepala-kuning dan Kakatua Galah, memiliki telah menyebar secara alami melampaui rentang asli mereka sebagai praktek agrikultural yang membuat habitat baru mereka yang sesuai.

Macam-macam burung
1.          Anis merah
2.        Anis Kembang
3.        Ayam
4.       Branjangan
5.        Cendana
6.       Burung Cenderawasih
7.        Cendet
8.        Cucak Rawa
9.       Decu
10.    Elang alap jambul
11.       Elang bondol
12.     Burung Jalak
13.     Kacer
14.     Burung Kakatua
15.     Kenari
16.     Love Bird
17.      Burung Merak
18.     Merbah
19.     Burung Merpati
20.  Burung Murai Batu
21.     Burung Murai Daun/Cucak ijo
22.   Burung Perkukut
23.   Burung Perenjak Jawa
24.   Pinguin
25.   Burung Punai
26.   Tledekan atau sulingan

Indonesia menjadi pemilik dari 1.594 jenis spesies burung dan menjadi negara ke lima terbesar dunia dari 10.000 jenis satwa itu yang kini berkembang biak.  Hanya saja populasi yang banyak itu kini terancam punah akibat rusaknya habitat mereka yang menjadi tempat berkembang biak dan mencari makanan. Kini lima puluh persen jenis burung di dunia terancam punah karena habitatnya terusik kegiatan manusia. 
**Nabil**

Sumber:
http://berbagiinformasiburungunggas.blogspot.com
http://bio.undip.ac.id
http://id.wikipedia.org


Tidak ada komentar:

Posting Komentar